Wisata Kota Batu : Jatim Park 1

23 Jul

Setelah sekian lama melupakan yang namanya blog, akhirnya saya memutuskan untuk update blog ini lagi. Kali ini saya mau menceritakan pengalaman liburan semester kemaren bersama keluarga saya ke Jawa Timur Park 1 atau yang biasa disebut Jatim Park, di kota Batu.

Sebenernya sih Jawa Timur Park terdiri dari 3 bagian tempat wisata, yaitu Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, dan Ecogreen Park. Jawa Timur Park 1-yang saya kunjungi-menawarkan berbagai macam wahana, seperti flying tornado, spinning coaster, rumah hantu, kolam renang, serta berbagai sarana belajar pengetahuan umum. Sedangkan Jawa Timur Park 2 lebih mengarah ke wisata “alam”, ada museum satwa, batu secret zoo, pohon inn hotel, dan berbagai wahana alam lainnya. Kalau Ecogreen Park sebenernya saya kurang tahu, tapi kalau dilihat sekilas sih sepertinya hampir sama dengan Jatim Park 2, wisata alam juga, tapi lebih kental ke unsur floranya.

Langsung cerita aja deh ya gimana pengalaman saya main kesana. Hari itu kebetulan minggu, saya dan keluarga berangkat dari rumah cukup pagi jam 7.00. Sekedar informasi, jalanan menuju Batu bisa dikatakan padat, apalagi pada hari libur, jadi kalau kesiangan dikit bisa dipastikan kena macet. Setibanya di Jatim Park 1, kami langsung membeli tiket. Selain dipasangkan gelang tanda sudah beli tiket oleh petugas, seperti biasa, akan dilakukan pengecekan barang bawaan di pintu masuk. Barang siapa yang bawa makanan, minuman, dan sejenisnya, pasti akan disita oleh petugas. Jadi mendingan sebelum berangkat sarapan dulu atau beli saja makanan di dalam walaupun harganya relatif agak mahal.

Nah, setelah itu masuklah saya dan keluarga ke dalam Jatim Park 1, bagian depannya masih sama seperti waktu saya berkunjung saat SD dulu.

selamat datang di jatim park Ini nih bagian depan Jatim Park 1, jangan lupa ambil foto kenangan dulu :p

Yang saya rasa berbeda, sekarang ada gong selamat datang yang sangat besar, kabarnya sih dapet rekor MURI.

SP_A0201 Ayah dan Ibu saya lagi narsis sambil mukul gong.

Sekarang Jatim Park 1 lebih tertata tak seperti dulu, pertama kali, kita akan di ajak melihat miniatur rumah-rumah adat Indonesia serta baju adat di tiap suku. Jadi mau tidak mau kita harus datang ke wahana ini. Setelah terus berjalan akan diteruskan dengan miniatur budaya Indonesia.

Foto reog

Foto bareng reog ponorogo

alat musik

Mencoba alat musik tradisional Indonesia

arema

Tak lupa berpose ala supporter Arema

Sesudah menikmati wahana budaya Indonesia, kami tiba di miniatur kejadian pra sejarah hingga sejarah. Tapi saya nggak sempat ngambil fotonya. Disana ditampilkan berbagai miniatur kegiatan manusia jaman dahulu kala ketika berburu, bertanam, kejadian masa penjajahan, dan lain-lain.

Karena memang moto Jatim Park sendiri adalah taman belajar dan rekreasi, jadi terdapat banyak wahana belajar yang juga sangat menarik. Ada Science Center-dimana ada beragam alat yang membantu anak memahami fisika, ada juga yang outdoor ada juga yang indoor. Ada rumah uang Indonesia-isinya beragam uang dari jaman Belanda sampai sekarang. Rumah pos-terdapat ratusan perangko juga sepeda tua pak pos. Rumah serangga dan kupu-kupu-serangganya sangat unik, kupu-kupunya juga memiliki sayap yang luar biasa indah. Rumah reka ulang peristiwa sejarah-bisa dibilang sih tempat ini cukup seram, hehe, sangat gelap dan suara-suara rekaman dari masa lalu cukup bikin merinding. Ada juga baby zoo-saya kurang suka disini, kurang bersih dan bau kotoran ada dimana-mana. Sepertinya masih banyak lagi, tapi saya sulit untuk mengingatnya, haha.

rumah uang Saya, adik, dan ibu pose di depan uang-uang dengan ukuran raksasa

Setelah cukup banyak belajar, tibalah saya dan keluarga di tempat dimana kami bebas berjalan-jalan(sebelumnya jalanan telah diatur sedemikian rupa, sehingga mau tidak mau kami harus melewati wahana-wahana tersebut). Disini disediakan gokart, trampoline, star chase, pendulum, volcano coaster, flying tornado, dan segala jenis permainan yang bikin jantungan. Tapi saya tidak akan bercerita banyak karena saya sendiri gak berani naik wahana-wahana yang memacu adrenalin seperti itu.😀

Karena telah memasuki adzan dhuhur, kami sekeluarga sholat dhuhur dulu. Untuk mencari masjid bukanlah hal yang susah, karena di dalam Jatim Park ini sudah disediakan masjid yang besar dan nyaman. Selain itu di setiap jalan, akan ada peta interaktif yang menunjukkan tempat dimana kita sekarang berada. Selesainya sholat, kami istirahat dulu makan siang.

Kalau ke Jatim Park, jangan lupa mengunjungi wahana misterinya, disini terdapat beragam wahana misteri, ada Ghost Mansion, ada juga 3D Ghost Haunter. Dijamin semuanya bikin deg-degan dan menguras suara.

Setelah lelah berjalan-jalan, saya menikmati wahana yang santai-santai saja. Saya dan keluarga bersantai-santai di kolam renang, menonton 3D Movie-yang dijamin pasti bikin basah, dan melihat-lihat ikan di rumah ikan.

kolam renang

Kolam renang dilihat dari atas

ikanSalah satu ikan unik di rumah ikan

Karena kami tidak mau pulang sore-sore, kami pun pulang setelahnya. Menuju pintu keluar, pengunjung harus melewati pusat oleh-oleh dan souvenir, serta pasar buah dan sayur. Jadi buat yang ingin membawa oleh-oleh buat keluarga, tidak perlu repot karena telah tersedia disini.

Sekian dulu cerita saya, semoga tulisan ini berguna terutama untuk orang-orang yang ingin berlibur ke Jatim Park 1.