Konsep-konsep Pemasaran

23 Feb

Walaupun sebagai seorang mahasiswa teknik, saya juga sempat mendapat mata kuliah tentang entrepreneurship lo. Kali ini saya ingin share beberapa materi tentang konsep-konsep pemasaran dari tugas yang sempat diberikan dosenūüôā

Apa yang dimaksud dengan pemasaran?

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, pemberian harga, promosi, dan pendistribusian ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan organisasi. Pemasaran dapat juga diartikan sebagai proses sosial dan manajerial sehingga konsumen dapat memperleh kebutuhan / keinginan mereka melalui penciptaan, penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual dengan pembeli.

Apa perbedaan antara buyer, consumer, dan customer?

Buyer merupakan orang yang membeli suatu produk baik barang maupun jasa dari seorang produsen untuk ditukarkan dengan menukarkan uang sesuai dengan harga yang diberikan oleh produsen.

Consumer adalah seseorang atau sekelompok orang yang merupakan pengguna akhir dari produk dan atau jasa yang dihasilkan dalam suatu system sosial.Seorang konsumen mungkin seseorang atau kelompok, seperti rumah tangga.

Costumer adalah penerima suatu produk, baik layanan atau ide yang diperoleh dari seorang penjual atau pemasok untuk pertimbangan harga uang atau lainnya.

Customer dan consumer itu berbeda. Consumer merupakan pihak yang membeli suatu produk yang belum tentu digunakan untuk dirinya sendiri, sedangkan consumer adalah pihak yang menggunakan produk. Contohnya seorang ibu yang membeli popok untuk anaknya. Ibu merupakan customer karena ia membeli produk popok. Akan tetapi ibu bukanlah consumer, karena pengguna produk bukan ibu melainkan anaknya. Jelas bahwa costumer berbeda dengan consumer.

Apa yang dimaksud dengan market driven dan costumization?

Market driven merupakan suatu strategi pemasaran  untuk mendapat informasi tentang potensi pasar  sebagai  basis informasi bagi pemilihan, perumusan dan penerapan startegi untuk mendapatkan keunggulan dalam pemasaran. Pendekatan market driven pada orientasi bisnis didasarkan pada pemahaman dan reaksi terhadap pilihan-pilihan dan perilaku produsen di struktur pasar yang ada.

Sedangkan yang dimaksud dengan costumization adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk produk yang spesifik untuk industri tertentu dan juga spesifik untuk merek tertentu. Oleh karena itu, manajer pemasaran haruslah membuat sendiri marketing plan-nya. Marketing plan tidak bisa di-copy dari marketing plan milik manajer pemasaran yang lain.

Apa perbedaan dari market dan market share?

Pasar / Market adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.

Pangsa pasar ( Market Share ) dapat diartikan sebagai bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan, atau prosentasi penjualan suatu perusahaan terhadap total penjualan para pesaing terbesarnya pada waktu dan tempat tertentu. Market share merupakan sebuah indikator tentang apa yang dilakukan sebuah perusahaan terhadap kompetitornya dengan dukungan perubahan-perubahan dalam sales. Pangsa pasar menjelaskan penjualan perusahaan sebagai presentase volume total penjualan dalam industri, market, ataupun produk

Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran market mix (bauran pasar)?

Marketing mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin berdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.

Marketing mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan paktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, misalnya laba, penghasilan, harta yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian pasar yang ingin direbut.

Apakah strategi pemasaran 7P itu?

Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 7P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

Alat bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk (product), penawaran berwujud perusahaan kepada pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk, merek, dan kemasan produk.

Alat bauran lain yang juga penting adalah harga (price), yaitu jumlah uang yang pelanggan bayar untuk produk tertentu. Keputusan- keputusan seperti pemberlakuan harga eceran, potongan harga, dan periode pembayaran terdapat didalamnya.

Tempat/lokasi (place), alat bauran lainnya, termasuk berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran. Kegiatan identifikasi, perekrutan, dan menghubungkan berbagai penyedia fasilitas pemasaran untuk menyediakan produk dan pelayanannya secara efisien kepada pasar sasaran merupakan beberapa aktifitas yang biasa dilakukan pada sisi ini.

Promosi (promotion) meliputi seluruh kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran, termasuk di dalamnya adalah kegiatan seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, serta pemasaran langsung dan online.

Manusia (people), menyangkut seluruh aspek yang berkaitan dengan orang-orang yang berkecimpung di dalam perusahaan. Yang biasa menjadi pertimbangan dalam menentukan keputusan pada sisi ini diantaranya adalah sikap karyawan, pelatihan karyawan, penampilan, dan lain-lain.

Proses (process), bagaimana pelayanan dapat diterima dengan sebaik mungkin oleh pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah standarisasi pengawasan kualitas, jaminan kualitas, sistem antrian, waktu tunggu pelanggan, dan lain-lain.

Dan yang terakhir adalah bukti fisik (physical evidence), yaitu segala bentuk fisik perusahaan yang dapat menarik minat pelanggan.Yang termasuk di dalamnya adalah bangunan, dekorasi, alat transportasi, dan lain-lain.

Sebutkan unsur dari 7P yang digunakan dalam pemasaran produk dan pemasaran jasa!

Semua unsur 7P, baik product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence, semua digunakan dalam pemasaran baik produk maupun jasa. Karena dalam pemasaran, ketujuh hal tersebut sangat mempengaruhi laku atau tidaknya produk maupun jasa yang akan kita jual ke konsumen.

Apa yang dimaksud dengan STP (Segmentation, Target, Positioning)?

STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning . Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk. Targeting dilakukan setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita tuju untuk menjadi sasaran penjualan. Positioning A]dilakukan apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya.

Apa yang dimaksud cara pemasaran low cost dan diferential?

Low cost merupakan strategi pemasaran dengan menghasilkan profit yang sebesar-besarnya dengan biaya yang serendah-rendahnya.

Sedangkan diferential merupakan strategi pemasaran yang menggunakan sistematik untuk selalu memeriksa ketidakteraturan pada sifat costumer dalam melakukan pembelian, sehingga dapat diketahui aksi selanjutnya yang akan dilakukan, antara lain melanjutkan pemasaran dengan cara yang sama atau memberikan suatu metode baru yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Sekian share tugas saya, semoga bermanfaat.

2 Responses to “Konsep-konsep Pemasaran”

  1. alhakiki May 17, 2013 at 10:29 am #

    Luck or destiny still play the prominent role. They are academically called as uncertainty of market. Those are why Segmentation, Targeting and Positioning are such bloody suck to predict. Hi, Wilda! Hows life? And what’s your view?

  2. Pengertian June 4, 2014 at 3:45 am #

    dalam seebuah ilmu ekonomi konsep sangatlah penting apalagi mengenai pemasaran…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: